Thursday, July 12, 2018

"MOS" FEB UI 2017 #1

Karena lumayan banyak permintaan yang menyangkut dunia per-ospek-an di FE UI yang diganti menjadi FEB UI(padahal cuma dua orang yang minta), , kali ini bakal gw ceritain pengalaman gw soal ospek, nama kerenya PSAF (Pengenalan Sistem Akademik Fakultas), tapi ditiap fakultasnya punya nama masing - masing, kalo di FE sendiri namanya OPK (Orientasi Pengenalan Kampus).

Seperti biasa secara garis besar ada ospek tingkat universitas, dilanjut ospek tingkat fakultas dan terakhir ada ospek jurusan. Di FEB UI senndiri PSAF dibagi menjadi 2, ada masa informal dan ada masa formal. Jadi disini ada 3 periode, pra OPK, OPK, dan pasca OPK. Periode pra OPK dikenal dengan masa informal, hari-H OPK dikenal dengan masa formal, pasca OPK dikenal dengan masanya sudah tiba untuk perkuliahan yang sebenarnya, hiks.

Yang pertama bakal gw jelasin dulu masa informal. Untuk pertama kalinya kalian kan bertemu mentor kalian, gw lupa tepatnya pas apa. Jadi seperti kebanyakkan fakultas lain para mahasiswa baru akan difasilitasi denganmentor untuk bisa lebih mengenal dan sharing tentang fakultas. Buat kalian yang sering kepo apalagi mahasiswa baru yang mau masuk ke FE pasti gak asing kalo ciri khas ospek dari FE itu "nganyam" atau menganyam, yak itu tepat sekali, mungkin aja alasan Afgan keluar FE karena gamau ngelakuin hal macam gini HAHA.

Dalam satu kelompok OPK biasanya terdiri dari belasan sampai dua puluh mahaswa baru yang akan didampingi oleh dua mentor. Disini kalian bakal diminta untuk membuat banyak hal, mulai dari buku angkatan, buku catatan, name tag, sampai dengan benda kelompok. Abis ini bakal gw deskripsiin satu - satu soal buku dan benda kelompok yang gw sebutin.

1. Buku Angkatan

Buku angkatan ini bakal berisi foto - foto kalian bersama teman - teman angkatan kalian, ya benar, Jadi kalian nanti bakal diminta untuk selfie sama temen kalian dimana ga cuma selfie tapi dibuku itu juga harus dicantumin nama lengkap, alamat, jurusan, hobi, sampe moto hidup, gilaseh. Dan kalian ga bisa sembarangan foto, ada beberapa ketentuan. Kalo gasalah tahun kemarin itu kita diminta untuk foto sekitar 160-an orang, gw lupa jumlah pastinya tapi kalo gasalah Akun : 50, Mene : 50, IE : 35, IEI-BI : 25, tapi belum selesai sampai disitu, karena di ada juga program KKI (Kelas Khusus Internasional) maka mereka masuk ke dalam hitungan target, jadi misal akun : 50, 15 diantaranya harus anak akun KKI, IE ada 35, 7 orang diantaranya harus IE KKI, ya kurang lebih seperti itu. Ini bakal seru ko sumpah, emang mager, tapi seru dan nantinya bakal bermanfaat, inget relasi = investasi, terutama buat lo yang bukan basis anak Jakarta, jadi perbanyaklah kenalan di ibukota yang lebih kejam dari ibu tiri ini.

Nah dibagian serunya pas akhir masa informal biasanya nanti di bagian belakang buku angkatan kalian bakal diminta buat nulis first impression tentang temen satu kelompok dan mentor kalian. Disini bagian yang seru banget sih, abis capek nganyam kita bakal nulis soal temen kita sambil ketawa - ketawa sendiri.



2. Buku Catatan

Di Buku catatan ga banyak yang bisa gw ceritanin soalnya emang isinya buat catatan, nanti pas kalian dapet informasi baru atau nanti bakal ada pembicara di auditorium kalian diminta, dan harusnya nyatet sih soalnya pembicaranya keren abis kalo di FE ! Kalo masalah penampakan bukunya kurang lebih sama kaya buku angkatan, penuh dengan anyaman di bagian depan dan belakangnya.

Isinya emang gabakal terlalu banyak, well mungkin aja karena gw orangnya males nyatet HAHA. Tapi tetep berguna kok, intinya semua atribut termasuk buku catatan ini jangan sampe ketinggalan deh, bisa - bisa disemprot sama komdis (komisi disiplin) yang bakal nertibin maba (mahasiswa baru) yang sering lupa bawa atribut atau melanggar peraturan.


3. Name Tag

Name tag di tahun 2017 emang gak lebih ribet dari tahun - tahun sebelumnya, kalian bisa pantengin name tag di tahun sebelumnya banyak bertebaran di akun instagram kalo ngga googling aja. Malahan sampe ada name tag lebar nutupin bahu kalian, terus panjangnya sampe ke lubang udel, gilak. Tapi walaupun name tag tahun ini simple, kita cuma diminta buat ngebikin sesuai prototype yang diminta dengan cara gunting - gunting tapi kesulitan di atribut OPK kita ada di buku catatan dan buku angkatan yang anyamannya kecil - kecil kek semut.


Disitu kita bisa lihat ada tulisan "WANN" itu adalah panggilan nama kalian yang harus ditentukan dengan hanya empat huruf, misal nama gw kan Ridwan terus gw ambil nama empat huruf yang bakal dipajang di name tag "WANN", peraturannya gitu, tiap tahun bakal beda, pernah ada tahunan OPK yang pake lima karakter huruf.

Seperti yang gw bilang tahun ini nama kelompok menggunakan nama emiten saham di bursa efek Indonesia (BEI), dan nama kelompok gw itu 28 ASRI, 28 itu merupakan nomor biasa, ASRI itu adalah nama saham dari Alam Sutera Reality Tbk, salah satu perusahaan yang bergeral di bidang properti, real estate dan konstruksi.  

4. Smartfolder



Yak, ini merupakan map biasa, cuman nganyamnya minta ampun, bisa dilihat dari penampakannya ya. Jadi di map ini bakal berisi tugas - tugas kaya review artikel, tugas dari anak - anak materi OPK, banyak banget deh pokoknya ! Intinya #SalamNganyam

5. Tas

Kalo yang satu ini gampang ko, jadi nanti bakalan ada tas yang disediain sama panitia OPK dan kalian tinggal pesen kolektif aja. Setelah kalian dapet tasnya nanti di tas itu kalian harus nambahin nama kalian sesuai karakter yang dipakai di bukang dan bucat pake kain flanel terus dijahit, gampang banget deh.

Pokoknya saran gw adalah jangan pernah tinggalin atau absen dari masa informal ini, emang ga penting keliatannya tapi kelompok lo bakal bonding disini. Lo bakal lebih akrab satu sama lain, soalnya lo nganyam sambil ngobrol, dengerin musik, nanti kalo capek makan bareng, ngobrol bareng, plis jangan pernah males buat dateng, walaupun lo ga bisa nganyam lo masih bisa bantu yang lain bcs there is a lot of things that we have to do, mulai dari kegiatan peng - cutter -an, perguntingan, perngeleman, banyak.

Jangan sampe males - malesan apalagi ga peduli sama semua proses pembuatan barang - barang diatas, soalnya kalo ada yang ga selesai dalam pembuatan barang ini meski cuma satu orang di kelompok yang kena dampaknya adalah semuanya. Jadi kalo ada temen kalian yang males, atau pemualu buat kumpul bareng dan bikin diajakin ya ! Sumpah masa informal seru abis apalagi kalo mentor kita nraktir makan wkwkkw.

Okey cukup gitu aja di part kali ini, mungkin bakal ada satu sampai tiga part lagi buat ngelarin cerita per - ospek -an di FEB UI ini. Ini masih soal protorype  atau barang - barang yang bakal lo buat, masih banyak tugas diluar ini, so pantengin terus ya ^^

nb : Selanjutnya gw bakal cerita soal mentor dan temen kelompok gw

2 comments: