Sunday, July 22, 2018

Dua Semester di FEB UI

Hello fellas ! Mumpung masih libur dan banyak yang harusnya gw post malah tertunda karena kesibukan ( padahal ga sibuk - sibuk amat, emang mager aja), jadi kali ini adalah cerita lanjutan dari post gw  tentang satu semester di FEB UI, buat lo yang mau tahu cerita sebelumnya bisa klik disini.

FYI buat kalian mahasiswa baru 2018 jangan khawatir soal nanti bakal gimana caranya regol, kalo kelas yang gw pilih nanti dosennya kaya gimana, dosen yang baik itu yang mana, toilet FE sebelah mana, hmmm penting juga sih tau letak toilet FE, btw toilet FE bagus sekarang abis direnovasi. Back to the topic, jadi nanti kalian bakal punya mentor yang siap ngebantu kalian tentang semua seluk - beluk per - FE - an, mulai dari registrasi online, dosen yang insightful, sampe masalah toilet tadi. Jadi jangan khawatir apalagi buat kalian yang gak punya kakak tingkat disini ataupun dari daerah diluar Jakarta.

So, kita mulai dari dosen yang gw dapet semester ini. Ada yang bisa nebak? Yak gw dapet kurang lebih hampir sama kaya semester sebelumnya, ZONK. Ga tahu apa nasib gw yang sial, apa emang mayoritas dosennya kaya begini ya, wkwkwk. Buat kalian yang baca tulisan ini seenggaknya dapet referensi dari dosen yang pernah gw dapetin, soal referensi dosen yang lengkap gw gatahu bisa provide kapan, soalnya referensi gw mene06 juga udah diapus. Jadi bakal PR banget kalo gw harus nanya kebanyak orang untuk satu dosen, soalnya buat bikin kesimpulan ga cukup cuma dari pendapat satu orang, semakin banyak sample semakin akurat data yang anda dapat untuk mendekati populasi (realita). Anjay.

Mata kuliah pertama, MPKTB. Mata kuliah ini kurang lebih sama kaya MPKTA, dia punya bobot 6 SKS, seminggu lo bakal masuk 2 kali dengan tiap pertemuannya satu sesi 2,5 jam. Disini lo bakal aktif menggunakan segala hal yang pernah lo pelajari pas OBM (Orientasi Belajar Mengajar) pas diawal lo masuk UI, mulai dari CL (Colaborative Learning), PBL (Problem Based Learning), SCAL (Student Centered Active Learning). Bedanya disini lo bakal aktif menggunakan scele kaya pas OBM, sama materinya kurang lebih berbau pengetahuan alam, beda dari MPKTA. Gw dapet dosen Pak Asmanedi, orangnya baik parah, ramah, walaupun gw kira bakal dapet A, tapi ternyata terbentur di amin. Tugas sans banget, gak ketak kaya dosen lainnya, mantul.

Kelas gw sama beliau sans banget, tugas ga seberat kelas lain kayanya, pas itu pernah overtime beberapa kali tapi masih di tolerir, resiko nilai dikurangi tapi masih diterima tugasnya, gw bersyukur, bahkan kelas lain ada yang strict banget, telat dikit gabakal diterima tugasnya. Saking sansnya kan kelas masuk jam 8, tapi kadang jam 8.30 aja masih sepi banget, 6-7 orangan (gw termasuk jajaran mahasiswa yang sering telat ) tapi beliau udah standby duduk di meja dosen dengan sabar dan penuh dedikasi,respect.

Kelas ini gokil parah sih, ini hari terakhir MPKTB beliau kami (opal) ngasih biskuit khong guan gitu tapi nolak


PE 2, pengantar ekonomi 2, pengantar ekonomi makro. Disini gw dapet dosen namanya bu Susijati, nilai fair, tapi gw kurang dapet apa yang dia sampein, beliau terpaku dengan slide yang ada. Beliau ini pengalaman dan pengetahuannya wow kalo dari apa yang dia sampaikan, cuman karena gaya dan cara mengajarnya aja gw agak ngantuk dikelas beliau. Ngerti gini gw dikelas Profesor Robert aja, HAHA, nilai sama tapi seenggaknya gw mendapat suatu pencerahan dari materi yang ia berikan. Ini adalah kelas PE 2 yang dibuka paling akhir, sumpah gw kalah regol.

Kalau di kelas beliau jangan pernah telat ! Lo telat sedikit beuhh, pokoknya kalo lo dipanggil namanya pas lagi presensi tapi lo belum hadir jangan harap dapet point kehadiran. Dan beliau ini tepat waktu, jadi jangan ngaret ya, mahasiswa harus disiplin. Beliau ini kalo di kelas pasti bagi - bagi fotokopian slide yang dia tampilin for free,  jadi kalo yang males nyatet, atau emang tulisan lo jelek, sabi banget nih, tapi tetep diperhatiin pas beliau ngomong jangan sampe ngantuk apalagi tidur, ga sedikit yang disuruh keluar buat cuci muka karena ketahuan ngantuk sama tidur. Walau emang bikin ngantuk, jangan tidur ya, hormati.

Paruh kedua mendekati UAS beliau semakin awas masalah kehadiran dan pengawasan, masalahnya pernah ada satu momen dimana temen - temen gw cuman isi presensi diawal, ga bawa tas, di sela - sela kelas cabs. Karena hampir separo kelas yang cabs beliau sadar, terus di absen ulang, nah mampus ketahuan, pas kejadian ini gw juga ga ada dikelas tapi karena emang gw cabs karena ada suatu kegiatan tapi gw nggak isi kehadiran diawal atau tipsen (titip absen). Pas dengan cerita ini gw lagi disuatu event, antara ngakak sama sedih soalnya gw koordinator kelas wkkwwk.

Kita lanjut ke pengantar manajemen (pengma), gw dapet kelas zonk disini, fak lah. Pengma gw dapet di akhir - akhir, soalnya dikampung gw kurang sinyal dan kurang informasi nih, kebanyakkan kalo anak FE itu regol bareng dengan internet cepat, makanya gw kesel sama statement Pak Tifatul selaku Menkominfo lalu, "Buat apa internet cepat".

Gw dapet dosen dengan duet maut yang cukup ngeri - ngeri sedap abad ini, Zalmi - Arietta. Kalo lo lihat post gw sebelumnya gw juga dapet dosen Pak Zalmi di pengantar bisnis, beliau sih okay fair, cuma yang satunya ini, fair cenderung pelit banget. Kalo ga percaya tanya aja anak - anak FE yang pernah dapet kelas beliau, effort lo harus gede banget, rumornya kalo lo UTS atau UAS harus jawab sesuai buku.

Awalnya gw dapet perpaduan dua dosen ini Arietta - Zalmi, bedanya urutan paruhnya. Nama dosen yang dibelakang menandakan dia berada di paruh kedua, setelah UTS sampai UAS dan pengunggahan nilai akhir. Tadinya Pak Zalmi ada di paruh kedua, tapi tiba - tiba semua berubah ketika birpend (biro pendidikan) garang. Maksud gw kalo yang ngebuat penilaian akhirnya Pak Zalmi gw optimis nilai gw ga se -ZONK ini, at least.


Lanjut ada Pengantar Akuntansi (PA), Gw dapet sama Pak Sunardji. seorang ketua departemen akuntansi FEUI 95-98. Jujur gw ga lulus pengantar akun, tapi bukan berarti kelas ini zonk ya, tapi emang effort  gw kurang. Beliau ngajar nya baik, wawasan luas, memang teknisnya jarang dibahas, beliau lebih banyak menceritakan pengetahuan dan juga wawasan yang berada diluar materi tapi sangat dekat dengan akuntansi dan perekonomian. Soal teknis kalian harus tanya ke asdos (asisten dosen), jangan cabut ya pas kelas asistensi. FYI kalo buat anak ilmu ekonomi sama anak akuntansi bakal dapet pengantar akuntansi di semester 2, selain itu bakal dapet di semester 1. Tapi gw ga tahu kenapa anak akun baru dapet pengantar akuntansi di semester 2, tapi kayanya biar materi akun berlanjut, soalnya bakal ada gap kalo akun udah ada di semester 1.


Kelas PA sesi terakhir di Ruang Istama, gw sakut banget sama Pak Sunardji baik banget, mukanya menyenangkan, walaupun gw ... ah sudahlah.


Terus di semester 2 semua mahasiswa baru bakal dapet MPK Inggris, mata kuliah ini 2 SKS cuma yang aneh adalah jadwal kuliah 2 SKS ini berasa 6 SKS, soalnya lo bakal ngerasain jadwal kuliah kaya MPKT A atau MPKT B. Jadwal kaya gini baru dimulai di tahun 2016 kalo gasalah, ga tahu kenapa.  Maksud gw kenapa ga sesuai sama peraturan SKS dan jadwalnya? Ya walaupun gw enjoy sih sama kelasnya. Gimana ga enjoy, kelas gw isinya bidadari semua , ini sebenernya omongan si Roufan sih temen gw, tapi pas gw pikir, iya juga sih wkkwk.

Matkul (Mata kuliah) MPK Inggris gw dapet dosen bernama Iris Tutuarina atau biasa kami sebut Maam Iris, dosen ini sans banget dan juga beliau care dengan perkembangan muridnya. Ga jarang kami di lontarkan fast question, sering nunjuk mahasiswa untuk maju ga melulu masalah presentasi atau tugas. Menurut gw dosen yang kaya gini yang gw butuhin sebagai anak yang mager ngomong bahasa inggris kalo ga maju atau disuruh. Nilai fair, ngajarnya enak parah, beliau disiplin dalam presensi tapi bukan tipe yang kejam atau susah ngasih izin.

Last but not least ada Statistika Lanjutan (Statu), kating bilang kalo statu jauh lebih gampang dari statek, dan terbukti, nilai gw lumayan jauh meningkat dari statek ke statu. Kenapa? Soalnya materi yang dipelajari materinya lebih sedikit, jadi kita bisa lebih fokus buat mendalami materi. Kalo di statek itu yang lo pelajari banyak banget, jadi otomatis kaya rumus yang lo hafal harus banyak, walau nanti pas ada ujian ada cheatsheet berisi formula atau tabel penting tetep aja lo harus tau rumus ini harus dipake buat soal mana. Tapi juga lo jangan ngarepin cheatsheet, soalnya ga semua rumus yang bakal kepake pasti ada.

Gw beruntung banget dapet kelas ini, sebelum ada perubahan kelas. Awalnya kelas ini cuma diisi sama satu dosen, Ibu Wisam Rohilina. Sumpah, dosen ini stylish dan modis banget. Terus banyak yang bilang beliau dosen tercantik di FEB UI. Gw langsung tanya - tanya dong, dan ternyata beliau punya IG, langsung gw cari, dan ternyata bener, MasyaAllah. Setelah ada perubahan dari birpend, gw yang tadinya cuma dapet sama Bu Wisam, sekarag di paruh pertama bakal diisi sama Pak Deden, yah walaupun sama - sama sans masalah tugas dan nilai cuman ya gw lebih milih diajar Bu Wisam lah, ga bakal absen gw fix. Minimal amin lah ya.

Semoga ketemu lagi sama Bu Wisam entah di semester kapan.Btw si Kiki ngapa pake payung -__


FYI jadi di FEB ada semester pendek buat kalian yang ga lulus matkul atau mau ngulang karena mau upgrade nilai lo, tapi semester pendek FEB gabisa buat nyodok atau ngambil matkul semester depan.

Terus di semester ini gw terlibat di dua kepanitiaan, NFF (National Folklore Festival) proker dari BEM sama JD (Journalist Day) proker dari BOE. 

Di NFF gw ada di divisi LO (Liaison Offiicer ) partner-an sama ipeh, maaf ya buat partner gw pas itu pernah miskom jadi lo yang harus handle. As a whole acara udah bagus, keren banget apalagi perform nya niat banget para peserta, latihannya mantep banget. Kalo di JD gw masuk ke divisi ATE, gokil banget sih anak - anaknya sampe timbil (team building) pertama di Mares terus timbil kedua di Dufan.

Sebenernya cerita semester dua atapun ada banyak banget, tapi itu bakal gw bikin side-story atau ada part lain untuk hal menarik yang bakal ada di post berbeda, kaya misal event NFF atau JD InsyaAllah bakal gw bikin post nya sendiri, yaudah gitu aja.

No comments:

Post a Comment